BUKA LAYANAN PEMBUATAN PASPOR DI MALL LIVING WORLD, LAYANAN EAZY PASSPORT KEMENKUMHAM RIAU DISERBU MASYARAKAT

1cover

2

Pekanbaru – Melalui layanan Eazy Passport, yaitu layanan pembuatan/perpanjangan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dengan mendatangi pemohon langsung, Kanwil Kemenkumham Riau berhasil layani 600 pemohon, Selasa (15/8). Dengan mengambil tempat di atrium Mall Living World, petugas dari 7 Kantor Imigrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau dikerahkan untuk memberikan layanan Eazy Passport yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd. Jahari Sitepu.

“Hadirnya Kemenkumham secara langsung adalah sebuah bentuk kerja nyata bukan hanya kerja kata. Pengurusan paspor ini gampang, tidak susah. Semuanya dilaksanakan sesuai dengan Undang-undang dengan biaya yang transparan. Kemenkumham tidak pernah mempersulit, ini adalah bentuk kemudahan layanan yang diberikan oleh Keimigrasian,” sebut Jahari saat membuka kegiatan. Tidak lupa, Kakanwil juga menegaskan kepada seluruh jajaran agar melaksanakan pelayanan dengan baik dan ramah.

Staf Khusus Menteri Bidang Transformasi Digital, Fajar BS Lase turut hadir pada kegiatan ini dan memberikan sosialisasi keimigrasian tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Eazy Passport. “Paspor bukan exit permit untuk bekerja, paspor adalah wajah Indonesia. Dokumen negara untuk izin keluar-masuk ke luar negeri,” jelas Fajar.

Beliau juga menyatakan bahwa sosialisasi tindak pidana perdagangan orang penting untuk dilaksanakan agar tujuan pemohon membuat paspor menjadi lebih jelas dan terarah. “Misalnya berbisnis, ibadah, bertemu keluarga, bukan untuk melakukan perbuatan jahat. Bukan untuk kerja ilegal, bukan misalkan untuk memperdagangkan orang dengan maksud pekerja seks komersial,” pesannya.

Demi memberi kemudahan bagi pemohon, tersedia pula booth BNI yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran. Sambil menunggu antrian layanan, masyarakat dapat menggunakan kamera 360 dan mendengarkan iringan live music.

“500 jumlah pemohon kita dapatkan dari masyarakat yang telah mengisi google form, sementara jumlah 100 pemohon kita siapkan bagi masyarakat yang datang langsung,” terang Kakanwil.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi Johan Manurung, Kepala Divisi Keimigrasian Is Edy Eko Putranto, Kepala Kanim Kelas I TPI Pekanbaru Syahrioma Delavino serta jajaran Keimigrasian di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau.

Adapun 7 Kantor Imigrasi dari lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau yang turut berpartisipasi dalam memberikan pelayanan, yaitu: Kanim Kelas I TPI Pekanbaru, Kanim Kelas I TPI Dumai, Kanim Kelas II TPI Bengkalis, Kanim Kelas II TPI Bagansiapi api, Kanim Kelas II TPI Selatpanjang, Kanim Kelas II TPI Siak dan Kanim Kelas II TPI Tembilahan.

Masyarakat sangat antusias dengan adanya layanan yang memudahkan ini. Terbukti dengan ramainya masyarakat yang datang dan berharap layanan serupa untuk sering-sering diadakan kembali.

#KemenkumhamRI #KanwilKemenkumhamRiau #KanwilKumhamRiau #KepalaKanwilKumhamRiau #RiauBedelau #JahariSitepu

3

6


Cetak   E-mail