USAI DENGARKAN ARAHAN MENKUMHAM, KANWIL RIAU KEMBALI BERIKAN PENGUATAN KEPADA SELURUH UPT DEMI MEMANTAPKAN PELAYANAN PRIMA

010101

 

 

Pekanbaru – Kantor Wilayah beserta Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau mengikuti Apel Penguatan ASN Kemenkumham Era New Normal dan Pembangunan Zona Integritas bagi 520 Satuan Kerja menuju WBK/WBBM Tahun 2020 dengan tema New Normal Kumham Pasti Produktif meraih WBK/WBBM. Apel bersama yang dilakukan secara virtual ini diikuti oleh seluruh Jajaran Struktural dan Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Kanwil Kumham Riau di Aula Kanwil, Senin (3/8).

Apel pagi dimulai dengan arahan dari Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto, yang menggelorakan pelaksanaan perilaku hidup baru dengan menggelorakan Tagar Kumham PASTI Produktif. Hal ini bertujuan agar seluruh Insan Pengayoman tetap Produktif di era Kebiasaan Baru dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas dan fungsi sehari-hari. Selanjutnya, Sekjen mengingatkan kembali tentang peningkatan kualitas pelayanan publik agar pembangunan Zona Integritas yang dimulai dari Unit Pusat, Kantor Wilayah hingga Satuan Kerja berhasil meraih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). “Pelaksanaan evaluasi akhir yang akan dilakukan oleh Tim Penilai Nasional harus dipersiapkan dengan baik, sehingga hasil yang akan dicapai berdampak pada meningkatnya Indeks Reformasi Birokrasi Kementerian Hukum dan HAM dan juga akan meningkatkan kinerja Kementerian secara keseluruhan,” ujar Sekjen.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, berpesan kepada seluruh jajaran Kemenkumham agar saling berpacu untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan mengutamakan akuntabilitas dan integritas. Pada Tahun 2020 ini, Kemenkumham mengusulkan 520 Satuan Kerja kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sebagai Tim Penilai Nasional (TPN). Menkumham juga memerintahkan kepada seluruh Tim Kerja melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala memantau hasil Survei Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sehingga pelayanan kepada masyarakat benar-benar berkualitas sehingga berhasil mendapatkan predikat sebagai Satuan Kerja yang WBK dan WBBM. “Saya ingin agar setiap wilayah menargetkan minimal 70% dari satuan kerja yang diusulkan untuk bisa meraih predikat WBK/WBBM pada tahun 2020," ujar Menkumham.

Seusai mendengarkan arahan dari Menkumham dan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau langsung memberikan penguatan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) kepada seluruh UPT di lingkungan Kanwil Kumham Riau dan yang menjadi pembicara pada kegiatan ini adalah Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maulidi Hilal. Kadiv PAS memberikan kiat- kiat kepada pegawai yang bertugas sebagai Duta Layanan dan Customer Service. Dalam arahannya, Kadiv Pemasyarakatan mengatakan bahwa duta layanan bertugas sebagai pemandu dan pemberi solusi bagi masyarakat yang memerlukan bantuan, dan menjadi ikon positif dalam memberikan kemudahan akses pelayanan terutama kepada kelompok berkebutuhan khusus sehingga memberikan kontribusi terhadap pelayanan nuansa pelayanan. Sedangkan Customer Service bertugas untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang berkunjung ke Kanwil Kumham Riau, maupun yang menghubungi via line telephone dengan nomor 082171714161.

Kadiv PAS menekankan kepada seluruh UPT agar menyediakan ruangan khusus untuk menerima tamu, sehingga setiap masyarakat yang berkunjung tidak perlu lagi masuk ke ruangan-ruangan, kecuali tamu dari stakeholder yang memang telah ada janji. “Kepada duta layanan, jangan biarkan tamu masuk ke ruangan kerja. Ini semua dilakukan untuk mencegah adanya Gratifikasi, Pungutan Liar, maupun penyalahgunaan wewewang," ujar Maulidi Hilal.

 

Kumham Riau Corpu
SDM Unggul, Kemenumham Maju
(HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM RIAU)

 

#KanwilKumhamRiau
#RiauBedelau
#WBK #WBBM

Cetak