SELEKSI CALON TARUNA/TARUNI KEMENKUMHAM MEMASUKI TAHAP UJIAN PSIKOTES

 1

2

Pekanbaru – Seleksi Calon Taruna/Taruni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Keimigrasian (POLTEKIM) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI memasuki tahap psikotes. Terdapat 34 orang peserta yang dibagi menjadi dua sesi mengikuti ujian yang berlangsung di Ruang Serbaguna Ismail Saleh, Gedung Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Kamis (02/12). Sesi pertama dimulai pukul delapan pagi, sementara sesi kedua dimulai pukul satu siang. Dengan masing-masing sesi mengambil waktu selama 150 menit, dan dilakukan secara online.

 Untuk menjamin transparansinya, dua orang perwakilan dari Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI, didampingi oleh Kepala Bagian Umum, Nurhayati Sitorus, dan Kepala Sub. Bagian Kepegawaian, R. Ade Mulyati, membuka segel ruangan disaksikan langsung oleh para peserta. 

 Kepala Divisi Administrasi, Rudi Hartono, memberikan penguatan sebelum para peserta mengikuti ujian. Rudi mengingatkan untuk tetap fokus dan mengerjakan soal dengan sebaik-baiknya.

3

6

 “Jadikan kesempatan ini untuk mencari pekerjaan, bukan untuk mencari uang. Kalau kalian mencari pekerjaan, kalian akan mencintai pekerjaan yang kalian dapatkan. Tapi kalau kalian mencari uang, pekerjaan yang kalian dapatkan dengan susah payah akan berantakan karena fokus utama kalian adalah uang. Tentu saja itu bukan hal yang bagus. Lihat saja contoh-contoh pegawai yang akhirnya berakhir (dipenjara) di Nusa Kambangan karena tamak akan uang,” ujar Rudi.

 Tidak lupa, Rudi mengingatkan para peserta untuk berserah kepada Yang Maha Kuasa, untuk itu beliau memimpin doa sebelum ujian dimulai. 

 “Jangan lupa minta bantuan pada Yang Maha Kuasa. Mulailah ujian dengan Bismillah. Dan, jangan lupa minta restu orang tua, supaya setiap pekerjaan menjadi berkah. Selamat ujian, dan semoga sukses,” tutup Rudi.


Cetak   E-mail