KAKANWIL PIMPIN RAPAT PERSIAPAN PEMBERIAAN REMISI UMUM DI LINGKUNGAN KANWIL KEMENKUMHAM RIAU

0101Pekanbaru – Tanggal 17 Agustus setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tersebut juga menjadi momen yang sangat dinantikan oleh warga binaan di seluruh lapas/rutan karena juga akan diikuti dengan pemberian remisi (pengurangan masa hukuman). Berbeda dengan tahun sebelumnya, upacara pemberian remisi bagi narapidana dan anak pidana Tahun 2020 ini akan dilaksanakan serentak secara virtual melalui aplikasi zoom yang dipusatkan di Lapas Kelas IIA Mataram, Nusa Tenggara Barat. Mempersiapkan kegiatan tersebut, Kanwil Kemenkumham Riau mengadakan rapat persiapan yang diikuti oleh Pejabat Struktural Divisi Pemasyarakatan, Divisi Administrasi, dan Lapas Kelas IIA Pekanbaru sebagai pelaksana kegiatan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Ibnu Chuldun, yang memimpin rapat menyampaikan bahwa pemberian remisi sudah lazim dilaksanakan setiap tahunnya di seluruh provinsi. Namun di masa pandemi kali ini menyebabkan adanya perubahan pelaksanaan kegiatan. “Pemberian remisi tahun ini kita ikuti secara online, untuk itu segera dipersiapkan segala perlengkapan dan dukungan jaringan agar kegiatan berjalan dengan baik dan lancar,” pesan Ibnu. Selain itu beliau juga mengingatkan agar segera berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Riau dikarenakan kegiatan ini turut mengundang pimpinan daerah dan unsur Forkopimda. “Protokol pencegahan Covid-19 juga harus tetap diperhatikan. Pelaksanaan kegiatan harus diruang terbuka dengan menyediakan sarana alat pelindung diri (APD), sarana cuci tangan dan hand sanitizer, serta selalu diingatkan untuk disiplin menjaga jarak,” sebut Kakanwil.

Selain itu, tamu undangan dan peserta kegiatan juga harus dibatasi. Narapidana sebagai perwakilan penerima remisi dari setiap lapas/rutan/LPKA di Pekanbaru nantinya hanya diperbolehkan satu orang saja. Begitu juga dengan petugasnya, tidak perlu hadir dengan beramai-ramai namun diharapkan tetap tertib dalam menjaga keamanan. Terakhir, Kakanwil berharap seluruh peserta rapat yang hadir khususnya jajaran Divisi Pemasyarakatan dan Divisi Administrasi dapat saling berkolaraborasi dan bekerjasama demi suksesnya penyelenggaraan pemberian Remisi Umum HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertemakan “INDONESIA MAJU - Tetap PASTI, di Masa Pandemi,” ini.

Kumham Riau CORPU
SDM Unggul, Kemenkumham Maju !!!
(HUMAS KANWIL KUMHAM RIAU)

#KumhamPasti
#KemenkumhamRI
#KumhamRiauLawanCorona
#KanwilKumhamRiau
#RiauBedelau
#WBK #WBBM

0303


Cetak   E-mail