BERI ARAHAN TERKAIT LAYANAN PUBLIK, KAKANWIL KUMHAM RIAU : “KITA BERIKAN MASYARAKAT LAYANAN BINTANG ENAM”

WhatsApp Image 2020 09 14 at 14.53.04

Pekanbaru - Pada masa pandemi Covid-19 ini terdapat perubahan mekanisme penilaian terhadap pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBK/WBBM). Salah satunya adalah adanya pelaksanaan survei online terhadap responden pengguna layanan pada satuan kerja (satker) yang diusulkan meraih predikat WBK/WBBM pada Tahap Penilaian Nasional (TPN). Dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan mendongkrak nilai survei online, Kanwil Kemenkumham Riau menggelar rapat yang diikuti Kakanwil, para kadiv, para pejabat struktural, serta seluruh JFT dan JFU di ruang serbaguna Ismail Saleh Kanwil Kemenkumham Riau, Senin (14/9).

WhatsApp Image 2020 09 14 at 14.46.19

Kakanwil Kemenkumham Riau, Ibnu Chuldun, menjelaskan bahwa saat ini dari 137 responden Kanwil Kemenkumham Riau yang telah diinput ke dalam aplikasi SHPRBZI, baru 53 responden yang bersedia mengisi survei. Angka tersebut memang telah memenuhi syarat minimal sebanyak 30 responden, namun masih jauh dari angka 100 responden yang disarankan Kemenpan-RB. Kakanwil kemudian berpesan agar pejabat struktural yang bertugas memberikan layanan di ruang Law And Human Rights Center (Lahter) Kanwil Kemenkumham Riau untuk mengingatkan konsumen atau pengguna layanan agar bersedia mengisi survei yang akan disampaikan Kemenpan-RB. Pengisian data responden dilaksanakan mulai tanggal 31 Agustus sampai 18 September 2020 sehingga masih ada waktu untuk meningkatkan jumlah responden yang bersedia mengisi survei.

WhatsApp Image 2020 09 14 at 14.46.17

“Dalam memberikan layanan, ASN Kanwil Kemenkumham Riau harus menjelaskan persyaratan, prosedur dan alur pelayanan yang mudah, ada jangka waktu pelayanan, tarif harus sesuai dengan yang ditetapkan, serta petugas layanan harus merespon cepat setiap masyarakat yang datang,” tegas Ibnu Chuldun kepada peserta rapat. Selain itu, jangan ada diskriminasi dalam memberikan layanan, jangan melakukan percaloan, dan jangan coba-coba melakukan pungutan liar, tambah Kakanwil tegas. “Kalau Hotel saja hanya sampai bintang lima, Kanwil Kumham Riau harus Bintang Enam (dalam hal memberikan layanan),” ajak Kakanwil yang diamini seluruh peserta rapat. Dengan memberikan layanan terbaik, Kakanwil berharap masyarakat pengguna layanan juga memberikan penilaian terbaik (bintang enam) kepada Kanwil Kemenkumham Riau sehingga dapat meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2020 ini.

WhatsApp Image 2020 09 14 at 14.46.21WhatsApp Image 2020 09 14 at 14.46.21WhatsApp Image 2020 09 14 at 14.46.21

WhatsApp Image 2020 09 14 at 14.46.21WhatsApp Image 2020 09 14 at 14.46.21Kumham Riau Corpu
SDM Unggul, Kemenkumham Maju
(HUMAS KANWIL KUMHAM RIAU)


Cetak   E-mail