ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19 DI LAPAS/RUTAN RIAU, KAKANWIL KUMHAM RIAU ADAKAN KONFERENSI PERS

 010101

Pekanbaru - Dalam rangka antisipasi terhadap penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dan pasca diumumkannya salah seorang warga Riau positif Corona yang dirawat di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru malam tadi, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kumham) Riau langsung mengambil langkah-langkah antisipasi penyebaran virus tersebut. Kanwil Kumham Riau telah menetapkan untuk meniadakan waktu berkunjung bagi WBP di lapas/rutan dan menggantikannya dengan fasilitas video call. Hal ini disampaikan Kepala Kanwil Kumham Riau Lucky Agung Binarto, pada konferensi pers di Rutan Kelas I Pekanbaru, Kamis (19/3).

"Demi menjaga kesehatan warga binaan serta meminimalisir penyebaran Covid-19 ini, kami akan hentikan pelayanan kunjungan untuk sementara waktu. Namun pelayanan-pelayanan lainnya seperti pengurusan PB (Pembebasan Bersyarat), CB (cuti bersyarat), dan CMB (Cuti Menjelang Bebas) tetap berjalan normal seperti biasa," terang Lucky. Tambahnya, lapas/rutan di Riau juga sudah diinstruksikan untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap petugas dan WBP, sehingga bisa langsung mengambil tindakan cepat dan terukur apabila terdapat pasien suspect Covid-19. Selain itu, lapas/rutan juga diminta untuk menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan hand sanitizer di blok hunian serta membagikan masker bagi seluruh WBP. Tak lupa, Kakanwil memerintahkan lapas/rutan untuk mengadakan penyemprotan disinfektan pada seluruh tempat berkumpulnya WBP seperti kamar dan blok hunian dan lainnya.

Hak berkunjung yang menjadi hak dasar WBP diganti dengan diadakannya fasilitas video call. Kakanwil yang pada siaran pers ini didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Kepala UPT Pemasyarakatan se-Pekanbaru berkesempatan mencoba fasilitas tersebut. Berkomunikasi dengan WBP di Lapas Pasir Pengaraian, Kakanwil Lucky lalu menanyakan keadaan kesehatan WBP dan kegiatannya. Walaupun sedikit keberatan, namun pada umumnya WBP menerima pembatasan jam berkunjung ini demi kebaikan bersama untuk menjaga kesehatan WBP, keluarganya, dan seluruh petugas lapas/rutan.

Selesai melakukan konferensi pers, Kakanwil langsung mengajak awak media melihat langsung fasilitas pencegahan terhadap Covid-19 di Rutan Pekanbaru. Tenaga kesehatan telah disiagakan di pintu masuk rutan untuk memeriksa kondisi kesehatan pada setiap orang yang memasuki rutan. Di setiap sudut ruangan rutan juga dilengkapi hand sanitizer, dan pada tempat-tempat keramaian seperti kamar hunian, kantin, dan aula WBP sedang diadakan penyemprotan cairan disinfektan. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan Kakanwil beserta rombongan kedalam blok hunian dan dialog bersama WBP terkait proses pembinaan di Rutan Pekanbaru.

Kumham Riau Corpu
SDM Unggul, Kemenkumham Maju
(HUMAS KANWIL KUMHAM RIAU)

 

0808


Cetak   E-mail