Headline News

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

Bakti Sosial Memperingati Hari Dharma Karyadhika

16-10-2014 Hits:87 Golbert Riswan Nababan Berita Utama

Bakti Sosial  Memperingati Hari Dharma Karyadhika

    Pekanbaru. Kamis (16/09/2014). Dalam rangkaian kegiatan memperingati hari Dharma Karyadhika Tahun 2014 dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, hari Kamis 16 Oktober 2014 diselenggarakan kegiatan bakti sosial berupa donor darah dan pemeriksaan mata gratis.  Kegiatan tersebut diselenggarakan bekerjasama...

Tes Kompetensi Dasar CPNS

09-10-2014 Hits:217 Golbert Riswan Nababan Berita Utama

Tes Kompetensi Dasar CPNS

Pekanbaru. Kamis (09/10/2014). Setelah sebelumnya mengikuti seleksi administrasi, tes kesehatan dan kesamaptaan, hari ini Kamis tanggal 9 Oktober 2014 pelamar CPNS Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau yang tersisa mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tes kompetensi dasar (TKD). Tahun ini...

Kegiatan Olahraga Dalam Rangka Peringatan Hari Karyadhika Tahun 2014

07-10-2014 Hits:139 Golbert Riswan Nababan Berita Utama

Kegiatan Olahraga Dalam Rangka Peringatan Hari Karyadhika Tahun 2014

  Pekanbaru. Senin (06/10/2014). Dalam rangka memperingati hari Dharma Karyadhika Tahun 2014 dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau diselenggarakan berbagai kegiatan diantaranya kegiatan olahraga. Pembukaan kegiatan olahraga dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Drs. Frans...

Layanan keimigrasian

banner ppobanner vobanner lsp

Layanan Hak Cipta, Paten & Merek

diidmidpie-filing

SOSIALISASI RANCANGAN UNDANG-UNDANG TENTANG LANDAS KONTINEN INDONESIA

Kanwil kementerian Hukum dan HAM Riau bekerja sama dengan Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan mengadakan sosialisasi Rancangan Undang-Undang Landas Kontinen pada hari Kamis, 29 Maret 2012 di Hotel Aryaduta Pekanbaru. Sosialisasi tersebut dibuka oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan , Bpk. Dr.Wahiduddin Adams, SH, MA pada pukul 09.00 wib.

Hadir sebagai Pembicara : DR.(Ing) Khafid (Bakosurtanal), Pembahas I : Kolonel Kresno Buntoro (Koarmabar), Pembahas II : Abdul Hadi Anshary, SH, MH (Fakultas Hukum Univ.Islam Riau), Narasumber : Sutisna Prawira, SH (Tenaga Ahli ESDM) dan Djoni Muhammad, SH (Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Riau) sebagai Moderator.

Adapun peserta sosialisasi tersebut terdiri dari:
1. Biro Hukum, Organisasi dan Tata Laksana Setda Pemprov.Riau;
2. Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov.Riau;
3. Dinas Pertambangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Pemprov.riau;
4. Badan Lingkungan Hidup Pemprov.Riau;
5. Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Pemprov.Riau;
6. Kepolisian Daerah Riau;
7. Kejaksaan Negeri Pekanbaru;
8. Pengadilan Negeri Pekanbaru;
9. Pengadilan Tinggi Pekanbaru;
10. Korem 031 Wirabima;
11. LSM Lingkungan Hidup;
12. Fakultas Hukum Univ.Riau;
13. Fakultas Hukum Univ.Islam Riau;
14. Fakultas Hukum Univ.lancang kuning;
15. Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum univ.Islam Negeri Suska Riau;
16. Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru;
17. Imigrasi Pekanbaru;
18. Imigrasi Bengkalis;
19. Dinas Perhubungan Prov.Riau;
20. Pangkalan TNI Angkatan Laut;
21. Bagian Hukum Kabupaten/Kota;
22. Badan Perencana Pembangunan Daerah Prov.Riau;
23. Badan Penelitian dan Pengembangan Prov.Riau;
24. Badan Penanaman Modal dan Promosi Daearah Prov.Riau;
25. Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Riau.

Undang-Undang nomor 1 Tahun 1973 tentang Landas Kontinen Indonesia tidak lagi sesuai dengan UNCLOS 1982 yang telah diratifikasi menjadi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1985. Dan untuk memantapkan landasan hukum yang mengatur ruang lingkup Landas Kontinen Indonesia yang meliputi hak berdaulat, hak eksklusif, yuridis, hak-hak dan kewajiban serta kegiatan di Landas Kontinen Indonesia dalam rangka Pembangunan Nasional yang berdasarkan Wawasan Nusantara, perlu menetapkan Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1973.

Dasar adanya sosialisasi RUU Landas kontinen:

1. Rancangan Undang-Undang Landas Kontinen ini merupakan inisiatif dari pemerintah. Sesuai dengan Pasal 47 UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan disebutkan bahwasannya RUU yang diajukan oleh Presiden disiapkan menteri atau pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian sesuai dengan lingkup tugas dan tanggung jawabnya. Kementerian Hukum dan HAM c.q. Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-Undangan sebagai instansi yang bertugas untuk menyiapkan RUU tersebut.
2. Masyarakat berhak memberikan masukan secara lisan dan/atau tertulis dalam pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, sesuai Pasal 96 ayat 1 UU no.12/2011. Sosialisasi ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk memberikan masukan tersebut.
3. Penyebarluasan Rancangan Undang-Undang yang berasal dari Presiden dilaksanakan oleh instansi pemrakarsa, sesuai dengan Pasal 89 ayat 3 UU no.12/2011.Dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM c.q. Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-Undangan melakukan upaya nyata dalam rangka mencari masukan dan pemikiran untuk penyempurnaan draf RUU Landas Kontinen.

Acara sosialisasi berlangsung dengan agenda pemaparan oleh pembicara, yakni pemaparan tentang Urgensi Perubahan Undang-Undang Landas Kontinen Indonesia, dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber, yakni tentang Harmonisasi RUU tentang landas Kontinen Indonesia dengan Undang-Undang Mengenai Pengusahaan Mineral, Panas Bumi dan Minyak dan Gas Bumi. Adapun pembahas I memaparkan tentang Landas Kontinen Indonesia dan Pembahas II memaparkan tentang Pokok-Pokok Pemikiran RUU RI tentang Landas Kontinen Indonesia. Pada Sesi berikutnya, sosialisasi dilanjutkan dengan pembahasan bersama Rancangan Undang-Undang Landas Kontinen. Peserta sosialisasi aktif terlibat dalam pembahasan RUU tersebut. Banyaknya pertanyaan dan masukan/saran baik itu dari segi materi Rancangan Undang-Undang tentang Landas Kontinen maupun dari segi sistematika penulisannya. Hal ini dianggap perlu guna penyempurnaan draf RUU tentang Landas Kontinen tersebut. Dengan harapan kedepannya akan dihasilkan Undang-Undang Landas Kontinen yang baik dan berguna demi kesejahteraan dan keamanan bangsa Indonesia.

**** Yuli Rosdiana Perancang Pertama Peraturan Perundang-Undangan

ruukontinen4

 frs depanpengadaan cpns 2014 copy

 

banner pengaduan masya 250

Link Terkait

kemenkumham ri webmaillpsebanner ppidbanner mppnbanner foss kumham

Galeri Foto


Tim voli putri Lapas Pekanbaru juga kompakTim voli putri Kanwil berpose sebelum bertandingPERINGATAN HARI BHAKTI IMIGRASI KE-64  Jurus service, cia..aattPERINGATAN HARI BHAKTI IMIGRASI KE-64

Unit-unit Kemenkumham

ditjen-ppditjen-ahu

ditjen-imigrasiditjen-pas

ditjen-hamditjen-hki

bphnitjen

bpsdmbalitbang

Statistik Pengunjung

Harian82
Mingguan250
Bulanan1723
Total31126